Pemdes Simpang Pino Tetapkan 70 KK, Hasil Musdesus BLT-DD Tahun 2021

oleh -22 views

Ulu Manna, Bengkulu Selatan|

detakSERAWAI.com – Pemerintah Desa Simpang Pino Kecamatan Ulu Manna melaksanakan Musyawarah Khusus Desa (musdesus) Penerima BLT-DD Tahun 2021,  Kamis (18/03/2021), bertempat di Kantor Desa Setempat.

Hadir pada acara musdesus ini,  Camat Ulu Manna Yulius Caesar, Kades beserta perangkatnya, Ketua BPD beserta anggotanya, Bhabinkamtibmas, pendamping desa dan warga setempat.

Kades Surkani, menyampaikan kepada peserta rapat yang hadiri, terutama warga Desa Simpang Pino, agar kiranya dalam suasana covid-19 ini, harus tetap jaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditentukan, seperti pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan jauhi tempat kerumunan.

“Kemudian, untuk calon penerima BLT-DD tahun 2021, tim relawan sudah melakukan surpey untuk mendata yang benar-benar layak menerima, sesuai dengan aturan dan kretaria yang sudah dibuat oleh pemerintah”, ujar Surkani.

“Warga yang termasuk didalam pendataan oleh tim relawan sebanyak 70 KK, hari ini kita bahas, layak atau tidak layak itu tergantung di forum musyawarah hari ini, nanti akan diberikan uang sebesaran  Rp. 300 ribu perbulan, selama 12 bulan, bagi warga penerima BLT-DD”, tutup Nik.

Pemendamping Desa, memberikan penjelasan sisi regulasi sehingga timbul Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT) Dana Desa (DD), regulasi yang mengatur yaitu permendes no. 13 tahun 2020, PMK no. 222 tahun 2020 dan SE Bupati Bengkulu Selatan no. 140 tahun 2021.

Setelah Acara dibuka Camat Yulius, selanjutnya dilakukanlah musyawarah Desa khusus, yang dipimpin Ketua BPD Gustiana, sebelum membacakan nama-nama warga yang termasuk didalam pendataan, Ketua BPD menjelaskan kreteria-kretaria yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Ujar Gustiana,” yang berhak menerima BLT-DD tahun ini adalah, masyarakat miskin yang berdomisili didesa ini, dan belum termasuk didalam penerima bantuan UMKM, Pra kerja, BPNT, PKH, BST dan bantuan sosial lainnya”.

Setelah melakukan musyawarah, maka forum musyawarah Khusus Desa menyepakati warga yang berhak menerima BLT-DD Tahun 2021 sebanyak 70 KK. (IW2002).