Gelar Musdes RKPDes 2022, Pemdes Padang Siring Menampung Semua Usulan Masyarakat

oleh -23 views

Bengkulu Selatan

detakSerawai.com – Pemerintah Desa Padang Siring Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan mengelar Acara Musyawarah Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2022, bertempat di Gedung Serba Guna pada hari Rabu(27/01/2022). Adapun Tujuan dari RKPDes ini untuk menampung aspirasi atau usulan dari seluruh lapisan masyarakat yang akan dijadikan dasar atau Kerangka Kerja Pemerintah Desa tahun 2022.

Dalam hal ini Camat Seginim yang diwakili Kasi PMD Apid menghimbau agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya secara terbuka.

“,Kepada Masyarakat agar dapat menyampaikan aspirasi atau usulan secara terbuka baik berupa pembangunan secara fisik maupun pembangunan sumber daya manusianya, dimana secara hakikatnya dana desa ini digunakan untuk kepentingan masyarakat”, ujar Apid

kades Padang Siring Aprizan menyampaikan agar masyarakat Desa Padang Siring untuk dapat mengusulkan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak dan usulan tersebut hendaknya yang skala prioritas.

“Pada hari ini mari kita sama-sama mencari mupakat dari beberapa usulan warga beberapa bulan yang lalu, tim 11 sudah turun kelapangan untuk menindak lanjuti usulan yang belum dapat dilaksanakan tahun kemaren, mudah-mudahan sebagian akan terlaksanakan ditahun ini meskipun anggaran DD masih dipakai untuk kegiatan Covid-19 dan sebagian lagi kita akan laksanakan tahu depan”, ujar Aprizan.

Sementara itu Tim ahli pendamping kabupaten Joko Subagio, untuk menampung seluruh usulan agar kiranya usulan yang ada nantinya ditampung terlebih dahulu, dengan tidak lupa untuk mencermati kembali RPJMDes desa Padang Siring agar rekapan usulan kegiatan yang ada memang sudah ada dalam RPJMDes desa Padang Siring dengan tujuan agar tidak menyalai aturan dalam pelaksanaan kegiatan nantinya.

” kegiatan sektor kesehatan seperti penanggulangan stunting sangat penting dan harus menjadi skala prioritas karena untuk mencegah dan menekan anak-anak di Desa palak Siring mengalami gizi buruk”, ujar Joko.

Acara RKPDes dihadiri Kades Padang Siring, Kasi PMD Camat Seginim, BPD, polsek seginim, pendamping desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga setempat.

Berikut Hasil Penetapan RKPDes Desa Padang Siring Kecamatan seginim Tahun Anggaran 2022:

a. Bidang Pembangunan:

  1. Pengadan mobil L300 untuk Bundes
  2. Siring Pasang dan 2 unit plat deker
  3. Rehab masjid
  4. Pelebaran jalan desa (rabat beton)
  5. Pembangunan gedung PAUD

b. Bidang Pemberdayaan:

  1. Sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah
  2. sosialisasi hdp sehat
  3. Pelatihan tepat guna pembudidayaan jamur merang dan bawang putih
  4. Makanan tambahan balita
  5. Pelatihan bola kaki dan volly
  6. Operasional guru PAUD

(IW2002).