Musdesus Penerima BLT DD Desa Kayu Ajaran Hasilkan 67 KPM

Diposting pada

Ulu Manna, Bengkulu Selatan

detakSERAWAI.com – Kegiatan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Desa Kayu Ajaran Tahun Anggaran 2021, bertempat di Kantor Desa Kayu Ajaran, Acara dimulai dari pukul 09.00 WIB  hingga 13.00, Rabu (17/02/2020). Yang dihadiri Sekdes dan Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota, Babinkamtibas dan Perwakilan dari Warga Desa Kayu Ajaran.

Hasil Pendataan dari tim Data yang berjumlah 7 orang yang sudah ditunjuk oleh Kades Kayu Ajaran yang layak diusulkan ke musdesus sebanyak 82 KPM, setelah dilakukan verifikasi dan validasi data dalam forum musyawarah maka disekapati yang berhak menerima BLT DD sebanyak 67 KPM, pengurangan ini dilakukan ada beberapa KPM yang sudah terdaftar sebagai calon penerima PKH. Musdesus dipandu Ketua BPD Barlian yang dibimbing oleh Sekdes Kayu Ajaran Bambang Haryanto. A yang mewakali Sahadi Kades Kayu Ajaran dan Penamping Desa Kiki Candra.

Meningkatnya Jumlah Penerima BLT Tahun ini sebanyak 67 KPM dari tahun 2020  hanya 18 KPM dikarenakan banyaknya Kepala Keluarga yang selama ini mendapatkan bantuan PKH, BPNT dan BST berkurang, sehingga mereka tidak mendapatkan lagi ditahun 2021, padahal mereka masih layak dan pantas untuk menerima bantuan, hal ini diungkapkan Bambang Sekdes Kayu ajaran.

“,Kenaikan Penerima BLT DD Tahun ini dari tahun sebelumnya dikarenakan banyaknya warga yang selama ini mendapatkan bantuan PKH, BPNT dan BST untuk tahun 2021 tidak menerima lagi, sedangkan mereka masih layak dan pantas menerima bantuan, maka dari itu kami masukan sebagai penerim BLT DD tahun 2021″

Lanjut Bambang”,Untuk menentukan Kepala Keluarga yang berhak menerima BLT DD  tidak lah mudah, dari dibentuknya tim sampai kelapangan untuk mendata,terus hasilnya  dibawah kemusdesus untuk dilakukan verifikasai dan validasai data dan kemudian ditetapkan, tetap berdasarkan aturan yang berlaku yaitu Permendes no. 16 tahun 2018, PMK no,222 tahun 2020 dan perbub “,

“,Mudah-mudahan awal bulam maret pembagian BLT DD tahap I dapat terealisasi, besaran yang diterim per KPM sebesar Rp. 300.000,- selama 12 bulan,Bagi yang menerima BLT DD agar dapat menggunakan bantuan tersebut untuk kebutuhan bahan pokok sehingga sedikit meringankan beban ekonomi akibat dampak pandemi covid-19′, Harap sekdes.

“,Kami juga mengajak kepada seluruh warga Desa Kayu Ajaran agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari tempat kerumunan”, tutp Bambang.(IW2002).