Musdesus Untuk Validasi dan Finalisasi Penerima BLT-DD Desa Batu Lambang Hasilkan 74 KPM

Diposting pada

Pasar Manna, Bengkulu Selatan|

detakSERAWAI.com – Senin, 15 Maret 2021, di Kantor Desa Batu Lambang Kecamatan Pasar Manna, kegiatan Musdesus Verifikasi,Vailidasi dan Finalisai Penerima BLT-DD dilaksanakan, antara pemerintah Desa, BPD dan Tim Pendataan. Kegiatan ini juga dihadiri Camat Pasar Manna, Pendamping Desa dan Babinsa.

Dalam kesempatan ini Camat Pasar Manna Mimi Herawati, SPd, MSi, menyarankan, agar warga yang menerima BLT-DD, benar-benar sesuai dengan kretaria  dan aturan yang berlaku, dan tetap jaga kesehatan sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

“,Warga yang menerima sesuai dengan kretaria dan aturan yang berlaku dan kesepakat bersama yang ada di forum ini, dan tetap jaga kesehatan sesuai dengan protokel kesehatan yang sudah ditetapkan, pada saat musyawarah jangan ada keributan, jagalah ketertiban dan keamanan”, jelasMimi.

Disamping itu juga Pendamping Desa, menjelaskan teknis pelaksanaan dan aturan yang pelaksanaan BLT-DD,  Ujarnya,  bahwa Pemerintah Desa diwajibkan untuk menganggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD), ini diatur oleh Permendes no 13 tahun 2020, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 222 tahun 2020 dan di perkuat Surat Edaran Bupati No. 140 tahun 2021.

“,Kretaria yang berhak menerima BLT-DD dijelaskan dalam aturan tersebut yaitu, Keluarga miskin yang berdomisili didesa ini dan Keluarga Miskin yang belum menerima PKH, BST, Pra kerja, BPNT, UMKM dan Bantuan Sosial Lainnya. Kemudain keluarga miskin yang kena penyakit menaun dan Lansia yang tidak punya mata pencarian yang memadai lagi. Untuk Besaran uang yang diterima setiap bulan sebanyak Rp. 300 ribu selama 12 bulan”. Ungkap pendamping desa.

Adapun sambutan dari Ahmad Yusran Hanafi, Am.Ak selaku Pjs. Kades Batu Lambang, menyampaikan, Tim Pendata yang saya bentuk sudah bekerja, mereka sudah surpey kelapangan, untuk menentukan mana warga yang layak diusulkan sebagai penerima BLT-DD dalam forum ini, berdasarkan hasil pendataan Tim Relawan Covid-19 ada 74 KK calon penerima BLT-DD yang akan kita verifikasi, validasi dan finalisasi.

“,Ada 74 KK calon penerima BLT yang akan kita verifikasi, validasi dan finalisasi pada forum rapat hari ini, apa keputusan rapat hari ini adalah keputusan bersama, bukan keputusan saya atau keputusan ketua BPD”, kata Kades.

Setelah dilakukan musyawarah yang di pimpin Ketua BPD Desa Batu Lambang Oni Marlin, SKM, dari 74 KPM yang diusulkan oleh Tim Pendata ada 2 KPM  yang dikeluarkan, karena tidak memenuhi kretaria, dan ada 2 KPM yang masuk, menurut peserta rapat layak untuk menerima, dikarenakan sesuai dengan kretaria.

Hasil dari Finalisasi berdasarkan kesepakatan bersama pada musyawarah khusus desa, yang berhak menerima BLT-DD tahun 2021 Desa Batu Lambang sebanyak 74 KPM. Surat Keputusan ini dibacakan oleh Oni, disusul dengan penanda tanganan Berita Acara Rapat, yang ditanda tangani oleh perwakilan peserta rapat. (IW2002)