Dodi Martian Reses Dapil I, Kunjungi Desa Lubuk Siriih Ilir

oleh -79 views

Manna, Bengkulu Selatan|

detakSERAWAI.com – Dodi Martian, S.Hut, MM, Anggota DPRD Bengkulu Selatan Daerah Pemilihan 1 (Pasar Manna, Kota Manna dan Manna), mengadakan Reses kedesa Lubuk Sirih Ilir Kecamatan Manna, bertempat di Kantor Desa Lubuk Sirih ilir, Kamis (4/02/2020). Kegiatan ini, dihadiri oleh Kades Lubuk Sirih Ilir Herwan Afrizal, Perangkat Desa, Kadus dan BPD.

“Kehadiran dari perangkata desa, anggota BPD, dan kadus, sudah merupakan perwakilan dari masyarakat di desa lubuk sirih, disamping itu juga, kita batasi peserta, dikarenakan masih dalam suasana pandemi covid-19, kita mengikuti aturan pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan cara mengikuti sesuai protokol kesehatan,” ujar Herwan, menyampaikan kata sambutan saat pembukaan acara.

Lanjut Herwan,”Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dodi Martian, telah memilih Desa Kami sebagai tempat reses, harapan kami untuk tahun depan, usulan yang kami sampaikan dapat terealisasi”.

“,Pembangunan  Hotmix jalan lingkungan dan Dreanase  pemungkiman penduduk, tahun ini yang bakal terealisasi berkat bantuan Bapak Dodi, atas hasil reses pada tahun 2020, ini merupakan merupakan wujud kepedulian beliau”, Lanjut Kades.

“, Bagi yang hadir nanti, kita ada sesi tanya jawab, silahkan usulkanlah apa yang kalian inginkan, mungkin akan ditampung dan mudah-mudahan teralisasi”, tutup kades.

Reses merupakan komunikasi dua arah antara anggota dewan dengan konstituen melalui kunjungan kerja sekala berkala. Hal ini merupakan kewajiban setiap anggota dewan untuk bertemu dengan konstetuennya secara rutin pada saat setiap masa reses.

Sebagaimana yang diungkapkan, Dodi Martian,”kami mengadakan reses ini, untuk mendengarkan dan menampung apa aspirasi dari masyarakat dari daerah pemilihan pada saat kami menjadi calon DPRD kemaren”.

“, Agenda reses ini diadakan setiap tahun sekali, Pada tahun ini  rencananya ada 4 desa yang dikunjungi, termasuk Desa Lubuk Sirih Ilir, yang secara kebetulan desa saya juga”, Ujar Dodi.

“, Secara regulasi untuk menampung aspirasi masyarakat didalam perencanaan pembangunan salah satunya pokok pikiran DPRD atau sering disebut dengan dana pokir atau dana aspirasi DPRD, selain melalui musrenbandes, musrenbancam dan musrenbangkab”, Ujar Dodi.

“, Dana Pokir  DPRD ini merupakan salah satu wujud peran DPRD didalam perencanaan pembangunan daerah, yang disampaikan oleh masyarakat melalui reses anggota dewan”,

“,Pada saat ini, musim pandemi covid-19, kondisi keuangan daerah menurun, Dana APBD tahun 2021 dipotong sebesar 100 milyar lebih, bahkan bulan depan akan ada repurposing anggaran sebesar 8 persen”, lanjut Dodi.

“,Dengan adanya pengurangan Dana, maka akan berdampak terhadap pembangunan di daerah maupun didesa, sehingga pertumbuhan ekonomi menerun. Meskipun demikan Indek Pembangunan Kabupaten Bengkulu Selatan masih nomor urut 2 tertinggi sepropinsi Bengkulu”, Kata Dodi.

“,Untuk pembangunan tetap harus dilaksanakan meskipun jumlahnya berkurang,  oleh karena itu usulan yang benar-benar skala prioritas untuk kepentingan hajat orang banyak, itu yang kita utamakan”, Tutup.

“, Alhamdulilah untuk tahun ini, Desa Lubuk Sirih mendapatkan pembangunan jalan hotmix dan dreanase pemungkiman penduduk  yang menggunakan Dana APBD, untuk kedepannya kita upayakan bersama agar Dana APBD dapat masuk lagi ke Desa ini”, Tutup Dodi.

Pada saat sesi tanya jawab ada beberapa usulan yang disampaikan oleh anggota BPD, kemudian acara ditutup dengan penyerahan proposal usulan yang disampaikan oleh Kades Lubuk Sirih Ilir Dan diterima oleh Dodi Martian.

Adapun Usulan yang disampaikan masyarakat Desa Lubuk Sirih Ilir adalah sebagai berikut:

  1. Pembangunan Embung Sawah beserta siring cacing Lembak
  2. Hotmix Jalan Lingkungan Desa
  3. Jalan Sentra Produksi Perkebunan sepanjang 1 KM
  4. Peningkatan Jalan Rimbau mbacang sepenjang 6 KM
  5. Pembangunan Destinasi Pariwisata

(IW2002).