Hasil Musdesus Desa Tanggo Raso: Menandatangani Surat Pernyataan dan Pasang Stiker Bagi 86 KK Penerima BLT-DD

oleh -171 views

Pino Raya, Bengkulu selatan|

detakSERAWAI.com –Pemerintah Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan Jumat, 19/02/2021 menggelar Musyawarah tentang penetapan calon penerimaan BLT-DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Tahun Anggaran 2021.

Hadir dalam acara Kepala Desa Tanggo Raso Mulyadi, Camat Pino Raya Hendri Farizal , BPD Desa Tanggo Raso, Kapolsek Pino Raya Iptu Sukari, Babinsa Serda Asril Ridwan, Pendamping Desa, Perangkat Desa, serta perwakilan warga setempat.

Pada Kesempatan ini Kades Tanggo Raso Mulyadi memberikan arahan, Tim sudah bekerja mendata dengan cara mendatangi satu persatu rumah calon yang akan mendapatkan BLT DD, ini sesuai arahan saya saat memberikan SK terhadap mereka. Apabila pendataan ini masih ada yang keliru, maka dari itu guna kita rapat di forum ini untuk menyepakati mana yang layak atau tidak layak dari hasil pendataan tim.

“,Bagi yang menerima BLT DD, diberikan surat pernyataan bahwa belum pernah mendapatkan bantuan sosial lain dan dikatagorikan keluarga miskin atau tidak mampu, apabila pernyataan tersebut dikemudian hari tidak benar maka bersedia untuk dituntut secara hukum yang berlaku”, Ujar Kades

Disamping itu juga Kapolsek Pino Raya Sukari, menegaskan”, Saya minta kepada Kades, bagi warga Penerima BLT DD agar rumahnya di pasang stiker bertuliskan Keluarga Penerima BLT DD, agar kita mengetahui mana masyarakat penerima BLT DD atau yang tidak”.

Dari Hasil pendataan tim, jumlah Calon Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) berjumlah 88 KK,  dalam musyawarah tersebut terjadi penambahan dan pengurangan dari data awal sebanyak 7 KK, setelah dilakukan verifikasi dan validitasi data yang cukup panjang, berdasarkan kesepakatan musyawah didapatkan yang berhak menerima BLT DD tahun 2021 sebanyak 86 KK.

Musdesus dipimpin oleh Devi Yulia yang dibimbing oleh kades Mulyadi, meskipun acara ini diwarnai ada keributan sedkit antar 2 peserta rapat namun musyawarah terap berjalan tertib, lancar dan aman. Acara ini selesai Pukul 11.45 WIB. Akhir acara menandatanganan Berita Acara oleh Kades, Ketua BPD dan Perwakilan dari Warga.

Jumlah penerima BLT DD tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, dari 105 KK tahun 2020 menjadi 86 tahun 2021. Sebagian penerima BLT tahun lalu sudah menerima program PKH, BPNT, BST, Pra Kerja dan UMKM. (IW2002).