Hasil Musdesus Penerima BLT DD Tahun 2021 Desa Bandung Ayu Berkurang Dari Tahun Sebelumnya

oleh -86 views

Pino Raya, Bengkulu Selatan

detakSERAWAI.com – Selasa, (16/02/2020) pukul 13.00, Pemerintah Desa Bandung Ayu melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan KPM Penerima BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Kegiatan ini dilaksanakan dikantor Desa Bandung Ayu. Acara Ini dihadiri oleh Sekcam Pino Raya Dodi Efendi, Pjs. Kades Bandung Ayu Walianto, Ketua BPD Dudit Widodo, Kapolsek Pino Raya Sukari, Babinsa, Wahyudin, Pendamping Desa, Tokoh Masyarakat dan puluhan warga Desa Bandung Ayu.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan dari amanat Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (PMK RI) N0. 222/PMK.07/ Tahun 2020 Tentang Pengelolahan Dana Desa, pada pasal 39 ayat 1 disebutkan  Pemerintah Desa Wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Dana Desa,  dan pada pasal 39 ayat 6 disebutkan Besaran BLT Dana Desa sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) selama 12 bulan.

Pjs.Desa Bandung Ayu walianto, menyampaiakan”, bahwa kegiatan Musdesus Tahun 2021 dilaksanakan berdasarkan amanat dari PMK N0.222 tahun 2020, yang salah satu pasalnya berbunyi setiap desa wajib menganggarkan dan melaksankanan BLT Desa yang bersumber dari Dana Desa, dan besaran yang diberikan Rp. 300.000,-  selama 12 bulan”,

“,Untuk syarat penerima BLT DD yaitu keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa ini, Keluarga yang tidak terdaftar dalam penerima bantuan PKH, Kartu Sembako, Kartu Pra Kerja, BST, UMKM dan Bantuan Sosial Lainnya”, Ujar walianto.

” Saya harapkan supaya musyawarah hari ini dapat berjalan dengan baik, jangan ada keributan dan jagalah ketertiban, apabila ada warga yang layak untuk mendapatkan BLT DD yang belum sempat terdata oleh Tim maka usulkanlah, akan kita rembukan dalam musyawarah hari ini”. Tutup Pjs. Kades.

Musdesus yang dipimpin oleh Ketua Dudit Widodo yang dibimbing oleh sekcam dan Pjs. Kades, memutuskan penerima BLT DD Desa Bandung Ayu Tahun 2021 sebanyak 50 KPM, sesuai dengan berita acara yang sudah di tanda tangani dari beberapa unsur yang hadir.

Untuk penerima tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2020 jumlah penerima BLT sebanyak 86 KPM, dikarenakan Penerima BLT tahun 2020 sudah ada yang mendapatkan bantuan UMKM, pindah domisili, Pra Kerja dan PKH. (IW2002).